Sejarah Gudang Garam

logo gudang garamGudang Garam termasuk perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 Juni 1958 oleh Tjoa Ing Hwie (yang kemudian menggati namanya menjadi Surya Wonowidjojo). Tjoa Ing Hwie atau Surya Wonowidjojo lahir di Fuqing, provinsi Fujian, China. Orangtuanya migrasi ke Sampang, Madura saat usianya 4 tahun. Ketika ayahnya meninggal, beliau kemudian hijrah ke Kediri, Jawa Timur.

Pada umur 20 tahunan, Surya Wonowidjojo diberi tawaran bekerja dirumah pamannya (yang dikenal dengan kretek cap 93, merk rokok kretek paling terkenal dijamannya).

Pada tahun 1956, Wonowidjojo meninggalkan Cap 93 dengan membawa 50 karyawan. Beliau kemudian membeli lahan di Kediri untuk dijadikan pabrik. Pertama kali pabriknya memproduksi rokok klobot dengan merk Inghwie, dan 2 tahun kemudian (tahun 1958) beliau mengubah nama perusahaannya menjadi Pabrik Rokok Tjap Gudang Garam

Nama Gudang Garam sendiri diambil dari mimpi Wonowidjojo. Di mimpi tersebut beliau melihat gudang garam diseberang pabrik Cap 93 menonjol. Sarman (salah seorang dari 50 karyawan), memberi ide untuk menempelkan foto gudang garam disetiap bungkus rokok kretek. Wonowidjojo menganggap ini adalah ide yang baik dan meminta Sarman untuk mendesain logo gudang garam.

Tahun 1984 kepemimpinan Gudang Garam beralih kepada anak kandungnya sendiri yaitu Rachman Halim (dimana Rachman Halim pernah tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia) dan berakhir pada tahun 2008 (Rachman Halim meninggal)

Daftar produk dari Gudang garam (sejak didirikan):
* Gudang Garam International
* Gudang Garam Surya Professional Mild
* Gudang Garam Professional
* Gudang Garam Surya 12
* Gudang Garam Surya 12 Premium
* Gudang Garam Surya 16
* Gudang Garam Signature
* Gudang Garam Signature Lights
* Gudang Garam Signature Menthol
* Gudang Garam Nusantara Mild
* Gudang Garam Nusantara
* Gudang Garam Merah
* Gudang Garam Surya Slims
* Gudang Garam Surya Slims White Edition
* Gudang Garam Surya Slims Menthol
* Gudang Garam Djaja
* Gudang Garam Premium
* Gudang Garam Special King Size
* Taman Sriwedari
* Sigaret Kretek Filter Klobot
* GG Lights