Danube - Sungai terpanjang ke2 di Eropa

sungai danube
Sungai Danube adalah sungai terpanjang kedua di Eropa setelah sungai Volga. Danube digunakan untuk jalur pelayaran kapal laut dari Laut Hitam ke Braila (Rumania) dan kapal sungai untuk Kelheim (Jerman) dan Danube telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Komisi Internasional untuk perlindungan Sungai Danube (ICPDR) adalah sebuah organisasi yang terdiri dari 14 negara anggota yaitu Jerman, Austria, Republik Ceko, Slowakia, Slovenia, Hungaria, Kroasia, Bosnia, Serbia, Bulgaria, Rumania, Moldova, Montenegro dan Ukraina. Komisi ini didirikan pada tahun 1998 untuk mengatur sesuatu yang berkaitan dengan sungai Danube yang termasuk anak sungai dan sumber daya air tanah termasuk konservasi, perbaikan dan penggunaan perairan.

Pada tahun 1992, sungai Danube telah menjadi bagian dari saluran air trans-Eropa dari Rotterdam di Laut Utara untuk Sulina di Laut Hitam (panjang 3500 km). Pada tahun 1994 Danube ini dinyatakan salah satu dari sepuluh koridor transportasi Eropa.

Disepanjang sungai ini terdapat 4 jalur khusus untuk bersepeda, yaitu Donaueschingen-Passau (559 km), Passau-Vienna (340 km), Vienna-Budapest (306 km), Budapest-Black Sea (1670 km).